Menu
Cart 0

Bepergian Dengan Mobility Scooter atau Kursi Roda Elektrik Berbaterai Lithium

Posted by Falcon Mobility Pte. Ltd. on

Mobility Scooter atau Kursi Roda Elektrik Berbaterai Lithium

Mobility scooter seperti Solax Mobie atau Genie dan kursi roda elektrik seperti KD SmartchairUltra-Lite merupakan jenis-jenis mobility scooter yang menggunakan baterai lithium. Produk-produk tersebut populer di berbagai kalangan pengguna karena sangat simpel untuk dibawa bepergian jauh, bahkan ke luar negeri.

Namun bagaimanapun juga, peraturan penerbangan masa kini sangat ketat, terutama menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan penumpang yang membawa perlatan berbaterai lithium  ke atas kabin. Tentunya Anda tidak ingin mobility scooter Anda dilarang masuk karena baterai yang digunakan adalah baterai lithium, kan?

Nah, jika Anda harus atau ingin bepergian dengan membawa serta mobility scooter, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa menjadi acuan Anda untuk mengurangi resiko izin membawa baterai lithium  untuk mobility scooter Anda.

 

Usahakan bepergian bersama dengan pengguna alat bantu mobilitas

Baterai lithium  dengan kapasitas hingga 300WH diizinkan untuk masuk kabin, khusus sebagai alat bantu mobilitas. Maskapai penerbangan memberikan izin khusus untuk penumpang dengan masalah mobilitas untuk membawa baterai berkapasitas tersebut. Sementara penumpang yang tidak memiliki masalah mobilitas atau masalah pergerakan, ukuran baterai lithium  yang diizinkan hanya yang berkapasitas sebesar 160WH.

Baterai pada produk Solax, PW-800AX, dan PW-1000XL berkapasitas 240WH dan tentu sudah lebih dari batas yang ditentukan oleh maskapai (160WH), namun masih di bawah batas izin untuk alat mobilitas (300WH). Oleh karena itu, Anda masih diizinkan untuk membawa dua buah baterai berkapasitas tersebut, satu dalam kondisi terpasang pada mobility scooter, dan satu lagi sebagai cadangan.

Apabila Anda bepergian bersama orangtua ke Singapura untuk membeli mobility scooter dan ingin membawanya sendiri kembali ke negara asal (misalnya ke Indonesia atau Filipina), maka Anda diizinkan untuk membawa baterai tersebut, karena Anda bepergian dengan orang yang akan menggunakan mobility scooter. Anda pun dapat dengan tenang untuk plesir bersama dengan orangtua Anda yang membutuhkan untuk membawa mobility scooter dengan baterai tersebut.

Namun jika Anda bepergian seorang diri dan mencoba membawa baterai tersebut ke dalam penerbangan, maka Anda tidak akan diizinkan, sebab Anda terhitung sebagai orang yang tidak mempunyai masalah mobilitas atau kesulitan bergerak (karena sakit). Cara lainnya adalah Anda bisa membawa mobility scooter dengan pesawat, namun biarkan kami yang mengirimkan baterai tersebut melalui kurir jasa pengiriman, yang biayanya sekitar SGD 150. Memang agak tinggi, namun tentu lebih aman dan nyaman untuk Anda yang bepergian seorang diri tanpa harus menambah masalah di bandara.

Sementara untuk produk seperti KD Smartchair, kedua buah baterainya berkapasitas 120WH, sehingga masih sesuai dengan peraturan yang diizinkan oleh maskapai dan Anda tidak perlu bepergian dengan orang yang akan menggunakannya.

 

Gunakan maskapai dengan pelayanan prima dan hindari maskapai yang murah meriah

Jika Anda bepergian bersama dengan orangtua Anda yang memerlukan mobility scooter untuk beraktivitas, sebaiknya Anda memilih untuk menggunakan maskapai yang menawarkan pelayanan prima.  Menurut cerita-cerita para penumpang, maskapai yang murah meriah cenderung tidak begitu ramah terhadap calon penumpang yang harus membawa kursi roda elektrik atau mobility scooter ke dalam pesawat.

 

Lepaskan baterai, bungkus dengan bubble wrap, dan simpan di tas bawaan Anda

Hal ini wajib untuk dipatuhi. Sebaiknya Anda tidak membawa baterai dalam posisi terpasang di dalam mobility scooter atau kursi roda eletrik Anda, atau disimpan di dalam bagasi pesawat. Bungkus baterai dengan bubble wrap dan simpan di dalam tas tenteng Anda, sehingga mudah untuk dikeluarkan jika Anda harus memperlihatkan baterai tersebut pada petugas bandara atau petugas maskapai.

Baterai yang dibungkus dengan bubble wrap dianggap cukup aman dan tidak akan tiba-tiba menyebabkan korslet atau memercikkan api. Alasan utama Anda tidak diizinkan untuk memasukkan baterai ke dalam bagasi pesawat adalah untuk memperkecil kemungkinan adanya kebakaran di bagian bagasi. Jika sampai ada kebakaran, maka  insiden itu akan langsung terdeteksi oleh para penumpang dan awak pesawat lainnya, dan dapat dengan segera ditanggulangi.

 

Bertanyalah kepada maskapai Anda

Mohon untuk selalu mengkonfirmasi izin membawa baterai dengan maskapai yang akan Anda gunakan, misalnya melalui email, sebelum Anda melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat. Terangkan pada agen maskapai bahwa Anda akan melakukan perjalanan dengan orang dengan disabilitas/difabel dan akan membawa mobility scooter dalam perjalanan Anda. Minta pula kepada agen maskapai penjelasan mengenai izin, peraturan, dan prosedur membawa mobility scooter pada maskapai tersebut.

Tidak dianjurkan untuk menunda atau menunggu persetujuan maskapai untuk membawa mobility scooter dan baterainya ke atas pesawat tepat saat Anda akan boarding. Kebanyakan staf maskapai yang bertugas di darat tidak begitu mengerti mengenai baterai dan mungkin akan langsung menolak mengizinkan Anda untuk membawa benda tersebut. Oleh sebab itu, akan sangat nyaman jika Anda mendapatkan kepastian izin membawa baterai sebelum Anda melakukan perjalanan, Jika perlu, sediakan print out korespondensi Anda sebagai bukti klarifikasi pada petugas maskapai atau petugas bandara.

 

Siap Sedia dengan Informasi Data Keamanan Bahan

Informasi Data Keamanan Bahan (IDKB) atau yang dikenal sebagai Material Safety Data Sheet (MSDS) adalah dokumen yang berisi informasi mengenai komposisi material pada suatu produk dan potensi apa saja yang dapat terjadi jika Anda melakukan kesalahan dalam penggunaan produk tersebut. Memang petugas bandara atau maskapai belum tentu menanyakan lembar ini pada Anda, namun ada baiknya jika Anda sudah siap sedia dan sigap mengeluarkannya jika ditanyakan. Falcon Mobility akan menyediakan IDKB/MSDS untuk mobility scooter atau kursi roda elektrik sesuai permintaan pelanggan.

Meskipun demikian, kami tidak bisa menjamin bahwa perjalanan Anda tidak akan terganggu oleh hal-hal lain. Seperti yang sudah disebutkan di atas, tidak semua petugas bandara ataupun petugas maskapai memiliki pemahaman yang mendalam mengenai baterai dan batasan-batasannya. Bahkan terkadang, keputusan yang mereka buat malah saling berkontradiksi.

Salah satu cerita yang baru saja kami dengar dari pelanggan adalah ketika beliau sudah mencoba memenuhi seluruh ketentuan yang diberikan oleh maskapai dan bandara, namun petugas di darat tetap saja tidak mengizinkan beliau untuk membawa baterai dan hanya memperbolehkan untuk membawa mobility scooter saja. Pelanggan tersebut naik pesawat dan kembali ke negaranya. Kemudian beliau mencoba berbicara dan menjelaskan kepada petugas yang lebih senior, sebelum akhirnya maskapai tersebut mengakui kekeliruannya dan menawarkan untuk mengirimkan baterai tersebut khusus dengan penerbangan berikutnya.

Jadi, meskipun Anda sudah mengikuti segala tips yang kami berikan dan sudah menaati peraturan yang ditetapkan maskapai, masalah akan selalu ada. Namun kesalahan tersebut jelas bukan berasal dari pihak kami ataupun Anda. Pada akhirnya, kelancaran perjalanan Anda sembari membawa baterai lithium  sangat tergantung pada nasib: dengan petugas bandara/maskapai dengan kepribadian dan pengetahuan seperti apa yang Anda hadapi, atau bagaimanakah petugas tersebut menyikapi serta menindaklanjuti kebijakan yang berlaku. Kami hanya dapat memberikan saran-saran terbaik yang diharapkan dapat memperkecil kemungkinan Anda mengalami hambatan selama perjalanan.

 

----------------------------------------------------------------------

Klik di sini jika Anda ingin:

 


Share this post



← Older Post Newer Post →